Buku K13 Kelas 5 Semester 2 SD/MI Revisi 2017 Terbaru
Pendidikan menjadi hal yang sangat fundamental bagi kehidupan seseorang, dengan pendidikan yang baik maka akan baik pula pola pikir dan sikap seseorang. Pendidikan yang baik terbentuk dari pola dan sistem pendidikan yang baik pula. Pola dan sistem pendidikan yang baik terwujud dengan kurikulum yang baik.
Kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013 sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, dalam penerapannya tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Saya menulis ulang beberapa poin tentang kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 dari buku yang ditulis oleh Imas Kurniasih dan Berlin Sani berjudul Implemetasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Semoga yang saya tulis ulang ini bermanfaat bagi para pendidik terutama dalam hal kurikulum sebagai bidang studi yang tujuannya adalah mengembangkan ilmu tentang kurikulum dan sistem kurikulum, yang mesti difahami juga oleh para pendidik.
Perkembangan kurikulum diharapkan dapat menjadi penentu masa depan anak bangsa, oleh karena itu, kurikulum yang baik akan sangat diharapkan dapat dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.
Kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Meskipun masih premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang langsung berhadapan dengan kurikulum itu sendiri.
Terdapat beberapah hal penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut yaitu keunggulan dan kekurangan yang terdapat disana-sini.
Pada semester dua ini, di kelas lima Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, mata pelajaran Tematik Umum terdiri atas empat tema. Keempatnya adalah Tema 6 (Panas dan Perpindahannya), Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan), Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), dan Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita). Seperti biasa, masing-masing tema terdiri atas dua buku yaitu Buku Guru dan Buku Siswa.
Baca juga ya - 19 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional 2018Kumpulan Soal Latihan | Buku K13 Kelas 5 Semester 2 Untuk SD/MI Revisi 2017 Terbaru |
Kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013 sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, dalam penerapannya tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Saya menulis ulang beberapa poin tentang kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 dari buku yang ditulis oleh Imas Kurniasih dan Berlin Sani berjudul Implemetasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Semoga yang saya tulis ulang ini bermanfaat bagi para pendidik terutama dalam hal kurikulum sebagai bidang studi yang tujuannya adalah mengembangkan ilmu tentang kurikulum dan sistem kurikulum, yang mesti difahami juga oleh para pendidik.
Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013
Menurut beberapa ahli pendidikan, perubahan kurikulum dari masa ke masa, baik di Indonesia maupun di negara lain, disebabkan karena kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang selalu berubah tanpa bisa dicegah.Perkembangan kurikulum diharapkan dapat menjadi penentu masa depan anak bangsa, oleh karena itu, kurikulum yang baik akan sangat diharapkan dapat dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.
Kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Meskipun masih premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang langsung berhadapan dengan kurikulum itu sendiri.
Terdapat beberapah hal penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut yaitu keunggulan dan kekurangan yang terdapat disana-sini.
Keunggulan kurikulum 2013
- Siswa lebih dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah.
- Adanya penilaian dari semua aspek. Penentuan nilai bagi siswa bukan hanya didapat dari nilai ujian saja tetapi juga didapat dari nilai kesopanan, religi, praktek, sikap dan lain-lain.
- Munculnya pendidikan karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua program studi.
- Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
- Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, ketrampilan, dan pengetahuan.
- Banyak kompetensi yang dibutuhkan sesuai perkembangan seperti pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan.
- Hal yang paling menarik dari kurikulum 2013 ini adalah sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Hal ini mulai dari perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.
- Standar penilaian mengarahkan kepada penilaian berbasis kompetensi seperti sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara proporsional.
- Mengharuskan adanya remediasi secara berkala.
- Sifat pembelajaran sangat kontekstual.
- Meningkatkan motivasi mengajar dengan meningkatkan kompetensi profesi, pedagogi, sosial dan personal.
- Ada rambu-rambu yang jelas bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran (buku induk)
- Guru berperan sebagai fasilitator
- Diharapkan kreatifitas guru akan semakin meningkat
- Efisiensi dalam manajemen sekolah contohnya dalam pengadaan buku, dimana buku sudah disiapkan dari pusat
- Sekolah dapat memperoleh pendampingan dari pusat dan memperoleh koordinasi dan supervise dari daerah
- Pembelajaran berpusat pada siswa dan kontekstual dengan metode pembelajaran yang lebih bervariasi
- Penilaian meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotorik sesuai proporsi
- Ekstrakurikuler wajib Pramuka meningkatkan karakter siswa terutama dalam kedisiplinan, kerjasama, saling menghargai, cinta tanah air dan lain-lain.
Kelemahan kurikulum 2013
- Guru banyak salah kaprah, karena beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru.
- Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara mental dengan kurikulum 2013 ini, karena kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif, pada kenyataannya sangat sedikit para guru yang seperti itu, sehingga membutuhkan waktu yang panjang agar bisa membuka cakrawala berfikir guru, dan salah satunya dengan pelatihan-pelatihan dan pendidikan agar merubah paradigm guru sebagai pemberi materi menjadi guru yang dapat memotivasi siswa agar kreatif.
- Kurangnya pemahaman guru dengan konsep pendekatan scientific
- Kurangnya ketrampilan guru merancang RPP
- Guru tidak banyak yang menguasai penilaian autentik
- Tugas menganalisis SKL, KI, KD buku siswa dan buku guru belum sepenuhnya dikerjakan oleh guru, dan banyaknya guru yang hanya menjadi plagiat dalam kasus ini.
- Tidak pernahnya guru dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013, karena pemerintah cenderung melihat guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama.
- Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013 karena UN masih menjadi factor penghambat.
- Terlalu banyak materi yang harus dikuasai siswa sehingga tidak setiap materi bisa tersampaikan dengan baik, belum lagi persoalan guru yang kurang berdedikasi terhadap mata pelajaran yang dia ampu.
- Beban belajar siswa dan guru terlalu berat, sehingga waktu belajar di sekolah terlalu lama.
- Timbulnya kecemasan khususnya guru mata pelajaran yang dihapus yaitu KPPI, IPA dan Kewirausahaan dan terancam sertifikasiya dicabut.
- Sebagian besar guru masih terbiasa menggunakan cara konvensional
- Penguasaan teknologi dan informasi untuk pembelajaran masih terbatas.
- Guru tidak tiap dengan perubahan
- Kurangnya kekmampaun guru dalam proses penilaian sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara holistic.
- Kreatifitas dalam pengembangan silabus berkurang
- Otonomi sekolah dalam pengembangan kurikulum berkurang
- Sekolah tidak mandiri dalam menyikapi kurikulum
- Tingkat keaktifan siswa belum merata
- KBM umumnya saat ini mash konvensional
- Belum semua guru memahami sistem penilaian sikap dan ketrampilan.
- Menambah beban kerja guru.
- Citra sekolah dan guru akan menurun jika tidak berhasil menjalankan kurikulum 2013
- Pramuka menjadi beban bagi siswa yang tidak menyukai Pramuka, sehingga ada unsur keterpaksaan.
Pada semester dua ini, di kelas lima Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, mata pelajaran Tematik Umum terdiri atas empat tema. Keempatnya adalah Tema 6 (Panas dan Perpindahannya), Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan), Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), dan Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita). Seperti biasa, masing-masing tema terdiri atas dua buku yaitu Buku Guru dan Buku Siswa.
Berikut Kumpulan Soal Latihan | Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Untuk Kelas 8 SMP/MTs
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017
Tekan Ctrl+F Untuk mempercepat pencarian
1 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Unduh Tematik Kelas 5, Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita) | Aktif | Unduh |
Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017
1 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Siswa Tematik Kelas 5, Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita | Aktif | Unduh |
Berikut Kumpulan Soal Latihan | Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kurikulum 2013 Terbaru
Buku Guru PAI Kurikulum 2013 Revisi 2017
1 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
Buku Siswa PAI Kurikulum 2013 Revisi 2017
1 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
Kumpulan Soal Latihan | Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kurikulum 2013 Terbaru
1 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
5 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
6 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
Pencarian yang Sama :
- buku k13 kelas 5 revisi 2017 semester 2
- buku matematika kelas 5 revisi 2017
- buku matematika kelas 5 sd k13
- buku matematika kelas 5 kurikulum 2013 pdf
- buku kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2
- download buku matematika kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017
- buku tema 6 kelas 5 revisi 2017
- buku tema 7 kelas 5
Sumber : ayomadrasah.blogspot.co.id
0 Response to "Buku K13 Kelas 5 Semester 2 SD/MI Revisi 2017 Terbaru"
Post a Comment