Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017

A.Pengertian Pembelajaran Tematik 

Pembelajaran tematik atau pembelajaran terpadu adalah suatu konseppembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikanpengalaman yang bermakna pada anak. Dalam model ini, guru pun harusmampu membangun bagian keterpaduan melalui satu tema.Pembelajaran tematik sangat menuntut kreatifitas guru dalam memilihdan mengembangkan tema pembelajaran. Tema yang dipilih hendaknyadiangkat dari lingkungan kehidupan peserta didik, agar pembelajaran menjadihidup dan tidak kaku.

 Pembelajaran tematik atau pembelajaran terpadu adalah suatu konseppembelajaran yang melib Kumpulan Soal Latihan | Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017
Kumpulan Soal Latihan | Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017

Demikian halnya pembelajaran menjadi ilustrasi dancontoh-contoh yang menarik dalam pembelajaran. 10 Dalam pembelajaran iniguru harus bisa memiliki pemahaman yang luas tentang tema yang akan dipilih dalam mata pelajaran. Sehingga saling berhubungan antara satu denganyang lainnya. Karena pembelajaran tematik ini merupakan suatu pembelajaranyang menggabungkan antara materi pelajaran dengan pengalaman belajar. Disamping itu guru harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkanprogram pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya, peralatan yangdiperlukan untuk pelaksanaan belajar harus sudah tersedia, baik di lingkunga nsekolah maupun di luar.

Definisi lain mengatakan, Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Dalam pembahasannya tema itu ditinjau dari berbagai mata pelajaran. Sebagai contoh, tema “Air” dapat ditinjau dari mata pelajaran fisika, biologi, kimia, dan matematika. Lebih luas lagi, tema itu dapat ditinjau dari bidang studi lain, seperti IPS, bahasa, dan seni. Pembelajaran tematik menyediakan keluasan dan kedalaman implementasi kurikulum, menawarkan kesempatan yang sangat banyak pada siswa untuk memunculkan dinamika dalam pendidikan. Unit yang tematik adalah epitome dari seluruh bahasa pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk secara produktif menjawab pertanyaan yang dimunculkan sendiri dan memuaskan rasa ingin tahu dengan penghayatan secara alamiah tentang dunia di sekitar mereka.

Pembelajaran tematik merupakan strategi pembelajaran yang diterapkan bagi anak kelas awal sekolah dasar. Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar,  konsep belajar dan pembelajaran bermakna, maka kegiatan pembelajaran bagi anak kelas awal SD sebaiknya dilakukan dengan Pembelajaran tematik.

Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).
Dengan tema diharapkan akan  memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

  1. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
  2. Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
  3. pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
  4. kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa;
  5. Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas;
  6. Siswa lebih bergairah belajar karena dapat  berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;
  7. guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan,  waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.

B. Tujuan Pembelajaran Tematik

Sebelum kita mengetahui tujuan pembelajaran tematik, maka kita pelajari dulu tentang tujuan pemberian tema yang diantaranya adalah:
  1. Menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh
  2. Memperkaya perbendaharaan kata anak
  3. Pemilihan tema dalam kegiatan pembelajaran hendaknya dikembangkan dari hal-hal yang paling dekat dengan anak,sederhana, serta menarik minat anak.
  4. Mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.
  5. Memudahkan anak untuk memusatkan perhatian pada satu tema.
  6. Anak dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai bidang pengembangan.
  7. Pemahaman terhadap materi lebih mendalam dan berkesan.
  8. Belajar terasa bermanfaat dan bermakna.
  9. Anak lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata.
  10. Dapat menghemat waktu karena bidang pengembangan disajikan terpadu.

Setelah kita mengetahui tujuan pemberian tema, maka kita dapat mengetahui / memahami tentang tujuan pembelajaran tematik. Tujuan pembelajaran tematik ialah :
  1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
  2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfatkan informasi.
  3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
  4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.

Pada perkembangannya penggunaan buku tematik khususnya untuk tingkat sekolah dasar pemerintah telah menerbitkan buku sebagai pegangan guru maupun siswa. Buku tematik sendiri sejak diterbitkan oleh pemerintah hingga saat ini telah mengalami dua kali revisi atau perubahan. Cetakan pertama yaitu pada tahun 2013, cetakan kedua pada tahun 2014, dan cetakan ketiga yaitu tahun 2017 ini.
Baca juga ya - 19 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional 2018

Berikut Kumpulan Soal Latihan | Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017

Buku Tematik Pegangan Guru kelas 1 SD/MI edisi Revisi 2017

 Tekan Ctrl+F Untuk mempercepat pencarian
1Unduh Buku Tematik Tema 1 Diriku Pegangan Guru AktifUnduh
2Unduh Buku Tema 2 Kegemaranku Pegangan GuruAktifUnduh
3Unduh Buku Tema 3 Kegiatanku Pegangan GuruAktifUnduh
4Unduh Buku Tema 4 Keluargaku Pegangan GuruAktifUnduh

Buku Tematik Pegangan Guru Kelas 4 SD/MI Revisi 2017

1Unduh Buku Tematik Tema 1 Indahnya Kebersamaan Pegangan Guru AktifUnduh
2Unduh Buku Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pegangan GuruAktifUnduh
3Unduh Buku Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Pegangan GuruAktifUnduh
4Unduh Buku Tema 4 Berbagai Pekerjaan Pegangan GuruAktifUnduh
5Unduh Buku Tema 5 Pahlawanku Pegangan GuruAktifUnduh

Demikian yang dapat portalunbk bagikan untuk adik adik semua. Tidak semua latihan soal itu di atas tersedia sebab masih dalam proses pembuatan harap maklum. Selamat belajar!


Sumber : Bukupaket.com, ilmu-pendidikan.net

Sumber http://foldersoal.com

0 Response to "Buku Tematik Pegangan Guru Edisi Terbaru 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel